Panduan Model Penilaian Karakter 2019

Penilaian Karakter adalah penilaian untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan karakter peserta didik sehingga usaha untuk pengembangan atau penguatan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan tepat.

Download

Kategori: ,

Deskripsi




Model Penilaian Karakter

Penilaian Karakter adalah penilaian untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan karakter peserta didik sehingga usaha untuk pengembangan atau penguatan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan tepat. Hal ini sesuai dengan pendidikan karakter bertujuan menanamkan nilai-nilai dan mengembangkan sikap dan perilaku yang baik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah.

Menurut Kirschenbaum, Pendidikan karakter merupakan proses pembiasaan yang membutuhkan waktu lama, berkesinambungan, terpadu, dan komprehensif di dalam kelas dan kegiatan ekstrakurikuler.

adapun pengertian karakter sendiri, Buku Panduan Penilaian Karakter menjelaskan bawah karakter dapat dimaknai
sebagai kecenderuangan respon seseorang baik berupa sikap maupun perilaku terhadap suatu kondisi yang dihadapi dan berkaitan dengan kualitas moral seseorang serta dipengaruhi oleh lingkungan. Untuk membangun karakter yang baik diperlukan pembiasaan sejak masa anak-anak hingga dewasa dalam pemikiran, hati, dan perilaku.

Pengertian diatas merupakan kesimpulan dari Puspendik dari beberapa pendapat. Buku Panduan Penilaian Karakter menyebut pendapat dari  Homiak bahwa Karakter adalah pola perilaku yang bersifat individual mengenai keadaan moral seseorang. Secara umum ‘karakter’ dapat diartikan sebagai suatu kualitas moral dan perilaku pribadi seseorang yang membedakan dirinya dengan orang lain (Homiak, 2007).

sedangkan menurut Kevin Ryan dan Karen Bohlin (2000) memandang karakter sebagai kebiasaan atau kecenderungan seseorang ketika memberi respon perilaku terhadap keinginan,tantangan, dan kesempatan yang dihadapi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Pusat Penilaian Pendidikan menerbitkan buku panduan (model) Penilaian Karakter untuk melengkapi Program Penguatan Pendidikan Karakter sudah disosialisasikan sejak tahun 2017 setelah dikeluarkan Perpres No. 87 Tahun 2017, tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). DIsusul dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2918 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Pendidikan Formal

Di dalam buku Panduan Penilaian Karakter ini diberikan contoh perilaku yang bisa diamati dan indikator untuk lima karakter utama yang dinilai dan rubrik penilaian yang menggambarkan tahapan capaian atau perkembangan peserta didik untuk karakter yang dinilai. Kelima karakter itu merupakan nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu Religius, nasionalis, gotong royong, integritas, dan mandiri.

Buku Panduan Penilaian Karakter ini diharapkan memberi inspirasi bagaimana penilaian karakter yang bermanfaat dapat dilakukan. Sekolah dapat menggunakan contoh yang diberikan buku ini atau mengembangkan dan menyusun pedoman penilaian karakter yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan situasi sekolah.

 

Download Panduan Model Penilaian Karakter

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Panduan Model Penilaian Karakter 2019”