Panduan Penilaian Portofolio Puspendik

Penilaian Portofolio adalah mengukur dan menganalisis kumpulan hasil kerja siswa dari pengalaman belajarnya selama periode waktu tertentu dalam bentuk portofolio kerja, portofolio dokumentasi, dan portofolio pilihan dll yang fungsi sebagai penilaian formatif dan atau sumatif.

Download

Deskripsi




Panduan Penilaian Portofolio

Pengertian Penilaian Portofolio

Dalam dunia pendidikan, portofolio merupakan kumpulan hasil kerja siswa dari pengalaman belajarnya selama periode waktu tertentu.

Portofolio dapat dibebedakan dalam beberapa bentuk dan setiap bentuk portofolio tersebut memiliki deskripsi dan penekanan yang berbeda satu sama lain. Dalam buku Penilaian Portofolio ini membahasa 3 macama yaitu: portofolio kerja, portofolio dokumentasi, dan portofolio pilihan.

  1. Portofolio Kerja, Portofolio kerja (working portfolio) merupakan semua koleksi hasil kerja pada suatu
    mata pelajaran atau kompetensi pada periode waktu tertentu.
    Portofolio Kerja berfungsi sebagai penilaian formatif.
  2. Portofolio Dokumentasi. Portofolio dokumentasi (documentary portfolio) adalah koleksi hasil kerja siswa pada suatu mata pelajaran pada satu periode waktu tertentu, yang khusus digunakan untuk penilaian. Tidak seperti portofolio kerja yang berisi semua hasil kerja, baik yang setengah jadi maupun sudah jadi; portofolio dokumentasi hanya berisi hasil kerja pilihan terbaik yang diajukan untuk dinilai.
    Portofolio dokumentasi dapat berfungsi sebagai penilaian sumatif sekaligus formatif.
  3. Portofolio Pilihan. Portofolio pilihan (showcase fortfolio) digunakan untuk menunjukkan hasil terbaik yang dihasilkan oleh siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu. Tidak seperti portofolio dokumentasi yang memuat bukti proses dalam menghasilkan produk, portofolio pilihan hanya berisi produk yang telah selesai. Portofolio pilihan tidak memuat bukti proses pekerjaan, perbaikan, dan penyempurnaan produk.
    Portofolio pilihan digunakan untuk tujuan sumatif seperti seleksi, sertifikasi,
    maupun penilaian kelas.

Perbedaan Tes dan Penilai Portofolio 

Buku Penilaian Portofolio menjelaskan 7 perbedaan antara tes dan penilaian portofolio, antara lain

  1. Tes adalah Menilai siswa berdasarkan sejumlah tugas yang terbatas, sedangkan Penilaian Portofolio dapat menilai siswa berdasarkan seluruh tugas dan hasil kerja yang berkaitan dengan kinerja yang dinilai.
  2. Tes yang menilai hanya guru, berdasarkan masukan yang terbatas, sedangkan Penilaian Portofolio Siswa turut serta dalam menilai kemajuan yang dicapai dalam penyelesaian berbagai tugas, dan perkembangan yang berlangsung selama proses pembelajaran.
  3. Tes untuk menilai semua siswa dengan menggunakan satu kriteria. sedangkan Penilaian Portofolio, menilai setiap siswa berdasarkan pencapaian masing-masing, dengan mempertimbangkan juga faktor perbedaan individual.

Kelebihan Buku  Penilaian Portofolio

Buku Penilaian Portofolio menjelaskan secara rinci 3 bentuk portofolio yaitu portofolio kerja, portofolio dokumentasi, dan portofolio pilihan. Penjelasanya terkait pengertian ketiga bentuk protofolio, fungsi, komponen, dan bagaimana cara menilainya.



Pada Bab kelima, Buku Penilaian Portofolio menyajikan hal-hal yang perlu diperhatikan guru ketika merancang penilaian portofolio, yaitu tujuan, isi, pengelolaan, dan penilaian.

Buku Panduan Penilaian Portofolio ini disusun untuk memberi wawasan kepada guru dalam melakukan penilaian portofolio baik untuk kepentingan penilaian formatif atau diagnostik maupun sumatif. Semoga buku ini dapat menginspirasi guru dalam melakukan penilaian portofolio yang berkualitas sehingga membantu berkembangnya potensi siswa secara optimal dan menyeluruh..

 

Download Panduan Penilaian Portofolio

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Panduan Penilaian Portofolio Puspendik”