Panduan Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 untuk SD

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke 21 dijelaskan tentang pengertian Pembelajaran abad ke-21 adalah proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan multi sumber yang menempatkan peserta didik berperan aktif dalam pemerolehan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan kecakapan abad ke-21 serta literasi.

Download

Kategori: , ,

Deskripsi

Model Penilaian Formatif
pada Pembelajaran Abad 21 untuk Sekolah Dasar

Model Penilaian

Kemendikbud mengeluarkan Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 untuk Sekolah Dasar. Panduan tersebut diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud bulan Desember 2019.

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 ini disusun untuk memberi inspirasi kepada para pendidik SD dalam melaksanakan penilaian formatif yang menyatu dengan pembelajaran yang disajikannya. Diharapkan pendidik dapat mempelajari dan melaksanakan penilaian formatif sehingga penguasaan kompetensi peserta didik tercapai.

Pengertian Pembelajaran Abad 21

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 menjelaskan pengertian Pembelajaran abad 21 adalah proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan multi sumber yang menempatkan peserta didik berperan aktif dalam pemerolehan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan kecakapan abad 21 serta literasi.

Pembelajaran abad 21 menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran peserta didik aktif, antara lain: (1) pembelajaran dengan metode ilmiah, (2) inquiry/discovery learning, (3) project-based learning, dan (4) problem-based learning. Buku Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 menjelaskan keempat prinsip pembelajaran peserta didik aktif

Penilaian Formatif

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 menukil satu pendapat tentang pengertian penilaian formatif yaitu sebagai tugas yang dikerjakan oleh peserta didik selama proses pembelajaran agar peserta didik memperoleh umpan balik dari pendidik untuk memperbaiki capaian belajarnya, terlepas apakah pekerjaan peserta didik tersebut dinilai atau tidak.

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 menjelaskan juga tentang istilah assessment for learning dan assessment as learning. Penilaian formatif yang biasa disebut assessment for learning adalah proses mengumpulkan dan menginterpretasikan data/informasi tersebut, dan memutuskan kegiatan pembelajaran yang paling efektif bagi peserta didik agar dapat menguasai materi/kompetensi secara optimal.

Penilaian formatif bisa disebut juga penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning). Penilaian sebagai pembelajaran yaitu proses penilaian yang dilakukan pendidik yang memungkinkan peserta didik melihat capaian dan kemajuan belajarnya untuk menentukan target belajar, misalnya dalam bentuk penilaian diri atau penilaian antarteman.

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 menjelaskan perbedaan Penilaian formatif dengan penilaian sumatif. Penilaian sumatif dilaksakanan pada akhir pembelajaran satu atau beberapa kompetensi dasar. Hasil penilaian sumatif digunakan untuk membuat keputusan apakah seorang peserta didik dapat melanjutkan atau tidak dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya, naik kelas atau tidak, dan lulus atau tidak lulus.

Teknis Penilaian Formatif

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 menjelaskan Teknis Penilaian Formatif dengan Contoh sehingga guru dapat menerapkanya.

Teknis Penilaian Formatif berjumlah 23 teknis yaitu

  1. Observasi
  2. Bertanya
  3. Diskusi
  4. Exit/Admit Slips
  5. Lembar Catatan Belajar Peserta Didik yaitu lembar refleksi, Lembar tanggapan peserta didik,
  6. Penilaian diri dan penilaian antar teman,
  7. Latihan Presentasi
  8. Peta Konsep
  9. Penilaian Kinestetik
  10. Papan Bicara
  11. Kuis Konstruktif
  12. Penugasan
  13. Daftar Cek
  14. Jawaban Bersama
  15. Contoh dan bukan Contoh
  16. Tunjuk Lima jari
  17. Menyebutkan hal-hal yang sudah dipelajari
  18. Uraian Singkat
  19. Ringkasan Singkat
  20. Pertanyaan dengan Jawaban terbuka
  21. Memecahkan masalah
  22. Kartu Jawaban
  23. Pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh peserta didik

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 memberikan Contoh setiap teknis penilaian formatif dengan gambar-gambar.

 

Sistematika Penulisan Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21

Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 ini disusun dengan sistematika sebagai berikut”

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Cakupan dan Sistematika Buku

BAB II PEMBELAJARAN ABAD KE 21

  1. Pengertian
  2. Prinsip-prinsip
  3. Metode Pembelajaran Abad ke-21

BAB III PENILAIAN FORMATIF

  1. Pengertian Penilaian Formatif
  2. Prinsip-prinsip Penilaian Formatif
  3. Kaitan antara Penilaian Formatif dan Pembelajaran
  4. Teknik Penilaian Formatif

BAB IV PELAKSANAAN PENILAIAN FORMATIF

  1. Proses Pelaksanaan Penilaian Formatif
  2. Umpan Balik
  3. Merencanakan Penilaian Formatif

BAB V PEMBERIAN UMPAN BALIK DALAM PENILAIAN FORMATIF

  1. Pengertian Umpan Balik
  2. Strategi Pemberian Umpan Balik

BAB VI PENUTUP

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Panduan Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 untuk SD”