Panduan Penyusunan Perencanaan Pembelajaran dari Rumah untuk Guru RA

Kemenag menerbitkan buku Panduan Untuk Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran RA (Raudhatul Athfal) dari Rumah disusun Nova Indriati dari RA Nurul Dzikri Yogya

Download

Deskripsi

Panduan Untuk Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran Raudhatul Athfal dari Rumah

Kementerian Agama (Kemenag) menerbitkan buku Panduan Untuk Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran RA (Raudhatul Athfal) dari Rumah disusun Nova Indriati dari RA Nurul Dzikri Yogyakarta.

Pada kalimat Pengantar, Kementerian Agama menjelaskan bahwa saat ini, Indonesia dan juga beberapa negara sedang dalam kondisi wabah corona  atau pandemi dengan COVID 19. Pandemi Covid 19 mempengaruhi proses pendidikan di Indonesia dari satuan pendidikan di Raudhatul Athfal sampai pada Perguruan Tinggi. Semua Madrasah diliburkan dan diganti dengan belajar dari rumah bersama ayah bunda.

Buku Panduan Untuk Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran RA (Raudhatul Athfal) dari Rumah disusun untuk membantu guru dalam menyusun Rencana Program Pembelajaran di rumah, tentu saja Rencana Pembelajaran di rumah tidak sama dengan pelaksanaan pembelajaran di RA.

Buku Panduan Untuk Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran RA (Raudhatul Athfal) dari Rumah berisi tentang penyusun Rencana Pembelajaran di rumah yang dibuat oleh guru kelas secara sederhana tetapi tidak lepas dari substansinya, termasu pembelajaran Pendidikan Agama agar tidak lupa seperti hafalan surat, hadits dan doa sehari-hari. Termasuk juga penilaian yang tetap bisa dilakukan oleh Guru melalui Pemantauan Grup di WhatsApp.

Buku Panduan Untuk Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran RA (Raudhatul Athfal) dari Rumah disusun oleh Nova Indriati berdasarkan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan di RA Nurul DZikri Yogyakarta selama anak belajar di rumah karena adanya wabah Covid 19.

Pada kalimat penutup buku Panduan Untuk Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran RA (Raudhatul Athfal) dari Rumah, Penulis memberikan catatan antara lain:

  1. Buku ini disusun untuk membantu guru di dalam melaksanakan tugasnya yaitu menyusun , melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran selama anak belajar di rumah.
  2. Guru bisa mengembangkan format pelaksanaan pembelajaran sesuia dengan kebutuhan di lembaga masing-masing.
  3. Upayakan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan orang tua sehingga terjalin diskusi yang positif
  4. Ingat guru sebaiknya menyusun kegiatan main yang mudah dilaksanakan oleh orang tua di rumah.
  5. Jangan memaksakan orang tua bila orang tua mengalami kesulitan misal tidak memiliki HP android, jaringan yang tidak uat, atau karena orang tua bekerja di luar.

Isi Buku Panduan Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran RA dari Rumah

Dasar Penyusunan Buku Panduan

Buku Panduan untuk Guru Menyusun Perencanaan Pembelajaran RA (Raudhatul Athfal) dari rumah mengacu kepada peraturan yang dikeluarkan Kementerian Agama yaitu
  1. KMA No. 792 Tahun 2018 Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal
  2. SK Dirjen Pendidikan Islam No. 2762 Tahun 2019 Perencanaan Pembelajarn Raudhatul Athfal (RA)
  3. SK Dirjen Pendidikan Islam No. 2766 Tahun 2019 Perencanaan Pembelajarn Raudhatul Athfal (RA)

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Panduan Penyusunan Perencanaan Pembelajaran dari Rumah untuk Guru RA”