Disruption: Rhenald Kasali

Disruption karya Rhenald Kasali, Pendiri Rumah Perubahan

Deskripsi

Discuption:

Tak Ada Yang Bisa Diubah sebelum dihadapi, Motivasi saja tidak cukup

Buku Disruption merupakan karya mega Best Seller dari tulisan Rhenald Kasali, Pendiri “Rumah Perubahan”.  Mengatakan “seskali dalam hidup kita menjadi saksi perubahan. Dari hal-hal kecil yang mengubah kebiasaan smapai revolusi besar yang diam-diam mematikan suatu peradaban. Seperti kata Stephen Elop (Nokia), “Kami tidak melakukan kesalahan apa pun; tiba-tiba kami kalah dan punah.

Bagaimana Nokia merajai teknologi informasi di munculnya handphone. Nokia mengeluarkan berbagai produk-produk yang seakan-akan tidak ada yang dapat menandinginya. Tapi sekarang? Nokia hilang dari peredaran. Ucapan Stephen mengambarkan revolusi beasar-besar telah terjadi.

Renald Kasali menuliskan bahwa kita semua tengah menghadapi persoalan yang sama: terbelunggu oleh pola-pola pikir lama sehingga sulit menerima fakta-fakta dan cara-cara baru. Sedangkan perubahan telah terjadi dengan cepat,  yang tidak hanya membunuh, tapi membuat kita terenyak. Suatu peradaban baru yang menuntut manusia mengubah pola pikirnya, a discurption mindset.

Menurut Rhenald Kasali, Dunia telah berubah di 6 sisi, yaitu:

  1. Teknologi, khususnya infokom. Teknologi telah merubah segala produk menjadi jasa yang serba digital.
  2. Munculnya generasi millennials yang menjadi kekuatan merubah arah masa depan.
  3. Munculnya microprosessor dengan kapasitas ganda setiap 24 bulan menyebabkan teknologi bergerak lebih cepat.
  4. Munculnya Disruptive Leader yang dengan kesadaran penuh menciptakan perubahan dan kemajuan melalui cara-cara baru
  5. Tumbuhnya cara mengeksplorasi kemenangan dengan pengembangan model bisnis yang mengakibatkan barang dan jasa affordable, accessible, lebih sederhana, dan lebih merakyat.
  6. Teknologi sudah memasuki gelombang ketiga: Internet of Thing.

 

Renald Kasali mengatakan bahwa Yang kita perlukan adalah strategi untuk membaca “Where we are” dan Where we are going to”. Tujuan buku ini ini ditulis adalah untuk membuka mata kita dan melihatnya bersama-sama dengan kacamata baru, membaca proses, lingkungan, dampak regulasi, strategi, dan akibat dari disruption.

Rhenald Kasali menulis buku Discruption dengan sistematika dengan mebagi menjadi 5 bagian, yaitu

Bagian 1 Suatu Seting Baru

Bagian 2 Dari Aplikasi Mencari Teori

Bagian 3 Menyerang (Disrupting) atau Diserang (Disrupted)

Bagian 4 Mindset

Bagian 5 Akibat-akibat

Bagian 1 tentang Suatu seting baru terdiri dari 3 bab yaitu lawan-lawan yang tak terlihat, pasar yang baru, dan nasib yang berbeda.

Bagian 2 tentang dari Aplikasi mencari Teori yang terdiri dari 4 bab, yaitu bersaing dengan model bisnis, mengapa setiap keberhasilan sulit dipertahankan?, disrucption theory: suatu perjalanan inovatid, dan koreksi dan respon terhadap teori Christensen.

Bagian 3 tentang Disrupting dan disrupted terdiri dari 3 bab yaitu self-disruption Agility, self-driving, dan Execution.

Bagian 4 tentang Mindset terdiri dari 3 bab, yaitu Disruption Mindset, Disruptive Mindset VS Steady Mindset, dan Disrupted Society dan peranan birokrasi

Bagian 5 tentang Akibat-akibat yang terdiri dari 3 bab, yaitu Pangan, Pemerintah, Olahraga, dan Pendidikan, Non ordinary Disruption, dan akhir dari suatu zaman.

Diakhir kata pengantar, Renald Kasali mengatakan perubahan yang terjadi berawal dari hal kecil sedemikian kecil sehingga terabaikan oleh mereka yang besar. Perubahan itu bahkan tidak terlihat, terjadi dari pintu ke pintu, langsung kepada pelanggan tanpa tanda-tanda yang bisa dibaca.

Inilah karakter perubahan abad ke-21

Cepat, Mengejutkan, dan Memindahkan

 

 

Ulasan

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Disruption: Rhenald Kasali”