Buku Profil Madrasah Tahun 2014

Deskripsi

Madrasah@Indonesia

Buku Madrasah@Indonesia merupakan Jendela untuk melihat lanskap madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia dan selaigus bukti madrasah memiliki potensi untuk menjadi Centre of Excellent pendidikan Islam di tingkat dasar dan menengah. Buku ini berisi tentang sejarah madrasah, keunggulan madrasah, jenajng madrasah, diversifikasi madrasah, prestasi madrasah serta sisi lain madrasah.

Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian agama  diharapkan mampu menjadi representasi citra positif madrasah di mata masyarakat indonesia khususnya dan dunia umumnya.

Dalam kata pengantar, Direktur Pendidikan Madrasah, Prof. Dr. Phil. H.M. Nur Kholis Setiawan, MA. menjelaskan bahwa Direktorat Pendidikan Madrasah merupakan adalah unit kerja dari Kementerian Agama RI yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, standarisasi dan bimbingan teknis, serta evaluasi di bidang pendidikan madrasah.

Jumlah madrasah tercatat ada 70.414 madrasah di INdonesia dari jenjang Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Banyaknya jumlah Madrasah menjadi peluang dan tantangan.

Peluang tersebut adalah dimana  jumlah tersebut bisa menjadi potensi yang baik untuk merealisasikan fungsi dan tugas madrasah di dntaranya merealisasikan cita-cita Islam, membangun generasi yang beriman, berpengetahuan, memiliki perspektif global untuk menciptakan perdamaian dunia dan keselamatan di akhirat (rahmatan lil’alamin).

Adapun tantangan banyaknya jumlah madrasah adalah pada aspek  mengelola, mengembangkan mutu dan kualitas, serta mempertahankan ciri khas dan keunikan madrasah, membuat distingsi dan menciptakan keunggulan di tengah perkembangan sistem pendidikan yang semakin canggih dan kompetetif.

Kunci memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan adalah kreativitas dan inovasi. Menurut Direktur Pendidikan Madrasah, kreativitas dan inovasi akan mampu mendorong peningkatan mutu dan kualitas madrasah. Keduanya akan melahirkan generasi yang baik, memiliki daya saing dan karakter.

Menurut Direjtur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA. Madrasah merupakan salah satu posisi tawar kementerian agama, terutama di Pendidikan Islam (PENDIS). Madrasah adalah lembaga formal yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kecerdasan anak-anak bangsa. Sehingga madrasah memang paling banyak didiskusikan dan disorot

 

 



Ulasan

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Buku Profil Madrasah Tahun 2014”