8 Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Terbitan UIN

8 Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Jurnal merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu. Juga merupakan tulisan yang dikeluarkan oleh seorang yang berkompeten di bidangnya dan diterbitkan oleh Suatu instansi (Lembaga). Jurnal Ilmiah mencakup semua bidang ilmu, seperti Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Humaniora dan Jurnal ELSA.

Bagi Dosen, Jurnal internasional maupun nasional sangat penting sebagai upaya penyebarluasan gagasan atau ide keilmuan pada publik, meningkatkan reputasi ilmiah dan syarat kenaikan pangkat dosen. Selain itu, manfaat yang terpenting bagi pergruuan tinggi adalah  jurnal akan meningkatkan reputasi perguruan tinggi.

Dosen adalah peneliti yang memiliki tanggung jawab utama “to create and share original knowledge”. “to create” yaitu peneliti harus mengkaitkan riset sebelumnya dengan topik yang diteliti dan menunjukkan bahwa hasil riset menambah sesuatu yang baru pada body of knowlegde.

“to share “ yaitu peneltii menyebarkan hasil riset bukan disembunyikan (to be shared, not hidden), dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi atau tidak terakreditasi, seminar nasional/ internasional, jurnal internasional atau media lainnya – book chapters (dilakukan review oleh pakar).

Banyak Jurnal terakreditasi nasional telah diterbitkan oleh perguruan tinggi atau asosiasi-asosiasi yang peduli terhadi penelitian dengan berbagai bidang ilmu.  Tapi Jurnal nasional yang fokus pada pendidikan bahasa Arab dan menggunakan bahasa Arab masih sedikit.

Berikut alamat jurnal-jurnal bahasa Arab yang diterbitkan oleh beberapa Universitas Islam Negeri (UIN) secara online atau daring, yaitu sebagai berikut.

1. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning

Ijaz Arabi diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. Jurnal ini telah terbit di tahun 2018 dengan periode terbit dua kali setahun yaitu di bulan April dan bulan Oktober. Jurnal Ijaz Arabi menggunakan multibahasa (Bahasa, Arab, dan Inggris). Jurnal ini

Redaksi menyambut para cendekiawan, peneliti, dan praktisi pembelajaran bahasa Arab di seluruh dunia untuk mengirimkan artikel ilmiah untuk dipublikasikan melalui jurnal ini. Semua artikel akan ditinjau oleh para ahli sebelum diterima untuk publikasi. Setiap penulis bertanggung jawab penuh atas konten artikel yang diterbitkan.

2. LISANUNA : Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya

Prodi Jurnal Lisanuna merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Lisanuna adalah sarana para dosen di Departemen Pendidikan Bahasa Arab untuk menuangkan pemikiran mereka tentang pembelajaran Bahasa Arab dan pembelajaran,.

3. Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Al-Mahāra adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Al-Mahāra memiliki visi menjadi jurnal internasional yang terindeks scopus dengan artikel yang berbahasa Arab. Jurnal ini memfokuskan cakupannya pada isu-isu pembelajaran bahasa Arab di Sekolah, Madrasah dan/atau Pesantren di Asia Tenggara. Kami mengundang ilmuwan, cendekiawan, peneliti, serta profesional di bidang Pendidikan Bahasa Arab untuk menginvestasikan pemikirannya baik berupa hasil penelitian maupun kajian mendalam sesuai disiplin ilmu yang ditekuni di Jurnal kami.

4. Al Ihya al Arabiyah

Jurnal Ihya ‘al’ Arabiyah adalah jurnal akademik peer-review, didirikan pada 2015 sebagai bagian dari UIN Sumatera Utara Medan. Ihya ‘Journal didedikasikan untuk publikasi artikel ilmiah di berbagai cabang Studi Arab, di mana pertukaran ide sebagai temuan penelitian difasilitasi. Ihya menyambut baik kontribusi artikel tentang Studi Arab.

5. Alsina : Journal of Arabic Studies, UIN Walisongo

Jurnal Alisina merupakan Jurnal of Arabic studies diterbitkan oleh Departemen Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Jurnal ini berfokus pada studi bahasa Arab. Jurnal ini berspesialisasi dalam pembelajaran bahasa Arab, teori, dan pemikiran secara umum. Jurnal ini dengan hangat menyambut kontribusi dari para sarjana dari disiplin ilmu terkait.

6. Jurnal Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra

LiNGUA Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra adalah jurnal Linguistik dan Sastra terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember oleh Laboratorium Informasi dan Publikasi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal ini membahas masalah-masalah bahasa yang diteliti di cabang-cabang linguistik terapan, seperti sosiolinguistik, analisis wacana, analisis wacana kritis, pragmatik, stylistics, linguistik corpus, dan lain-lain. Di bidang sastra, itu mencakup sejarah sastra, teori sastra, kritik sastra, dan lain-lain, yang dapat mencakup teks tertulis, film, dan media lainnya.

7. Arabiyat: jurnal pendidikan bahasa Arab dan kebahasaaraban

Jurnal Arabiyat merupakan Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban oleh Departemen Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam kemitraan dengan IMLA (Asosiasi Dosen Bahasa Arab).

Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun sejak 2014 setiap bulan Juni dan bulan Desember. Jurnal Arabiyat menggunakan multibahasa (Bahasa, Arab, dan Inggris), jurnal peer-review, dan berspesialisasi dalam Pendidikan Arab.

Redaksi menerima artikel ilmiah yang akan diterbitkan melalui jurnal ini setelah ditinjau oleh para ahli dan penulis bertanggung jawab penuh atas konten artikel yang diterbitkan.

Jurnal Arabiyat telah diakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) nomor 51 / E / KPT / 2017 pada 4 Desember 2017 (Amandemen No. 48a / KPT / 2017 pada 30 Oktober 2017) (Berlaku hingga Oktober 30, 2022). Arabiyat telah menjadi Anggota CrossRef sejak tahun 2015. Oleh karena itu, semua artikel yang diterbitkan oleh Arabiyat akan memiliki nomor Digital Object Identifier (DOI) yang unik.

  • DOI adalah sebuah cara untuk memberi identitas (digital) bagi sebuah obyek, yang dalam hal ini adalah tulisan ilmiah. Sebagai pengidentifikasi, sebuah DOI bersifat unik (tidak ada duanya) dan persisten (tidak berubah). Begitu dipakai untuk mengidentifikasi sebuah dokumen, maka ia akan melekat di dokumen itu, meski dokumennya diubah, berpindah lokasi, dsb.

8. Jurnal Al Bayan PBA

Jurnal Al Bayan merupakan Jurnal Pendidikan Bahasa Arab diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Jurnal Al bayan diterbitkan sejak tahun 2010 dengan terbit dua kali setahun yaitu di bulan Juni dan bulan Desember. Jurnal Al bayan terbit secara online sejak tahun 2017 dengan menggunakan multibahasa (Indonesia, Arab, dan Inggris), jurnal peer-review, dan spesialisasi dalam Pendidikan Arab.

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung memiliki kemitraan dengan IMLA (Asosiasi Dosen Bahasa Arab).

Redaksi menerima artikel ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal ini setelah ditinjau oleh para ahli dan penulis bertanggung jawab penuh atas konten artikel yang diterbitkan.

Tinggalkan Balasan